Rabu, 16 Februari 2011

Philips 29PT2252/68R, Vertical(Protect) dan Pincushion !

Sejak saya terjun didunia service mulai th 1993 di lapangan, merk tv paling berat dan sulit untuk diperbaiki adalah produk Eropa dan Amerika yaitu: Philips, Grundig, Saba, RCA !
Nah, bagi anda yang masih merasa pemula, kalau mendapati pasien tv seperti diatas, jangan coba-coba, banyak2 belajar dan baca2 dulu !!!!
Kali ini Philips Flat 29 inc type 29PT2252/68R.
Chip/Oscilator/UOC (SMD): TDA9565H/N1/4/0803
Vertical: TDA8358J, Horizontal: BU4508DX
Micom/IC Program: MSP3415G-C12
FBT/Flyback: JF0501-2136
Tv ini datang dari teman sesama service, dengan kerusakan sbb:
IC Vertical terbakar dan Short, setelah dia mengganti dengan yang baru menjadi tampil garis melintang arah kiri-kanan, 3 detik kemudian Protect.
Setelah saya kerjakan tv bisa hidup tetapi gambar cacat Vertical bergaris-garis hitam dan melengkung kanan-kiri atau Pincushion !!!
Kalau rekan mengalami ikuti solusi saya berikut ini:
* Untuk Vertical/Tampil garis melintang: kalau Vcc Vertical 13v sudah normal, cari R3488 (klik foto dulu biar jelas, saya tandai lingkaran merah), letaknya di pojok kanan atas, nilainya 4,7 ohm !!!
** Untuk cacat Vertical garis2 hitam: ukur dulu antara Ground PCB dengan Pendingin besar siku untuk Vert/Hor, kalau tidak sambung kasih aja kabel terus disolder.
*** Berikutnya kalau gambar melengkung kanan-kiri atau Pincushion seperti kasus Sony KV-29MF1 di artikel saya sebelumnya: cari R3411 yang berhubungan jalur Horizontal bagian Min biasanya putus, nilainya 4,7 ohm !
Okay rekan, selamat bekerja buat semuanya......